Meriahkan HUT RI ke 77, Disdik Tapsel Tapsel Gelar Aneka Perlombaan Untuk Pelajar Tingkat SD

/ Senin, 15 Agustus 2022 / 21.28.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-TAPSEL- Dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-77 Tahun 2022 sekaligus program Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) tentang Merdeka Belajar Episode 17 yang bertajuk Revitalisasi Bahasa Daerah. 


Dinas pendidikan Kabupaten Tapanuli  Selatan melalui bidang pembinaan Sekolah Dasar  melaksankan perlombaan revitalisasi bahasa angkola tentang : 1.lomba tembang tradisi
2.lomba berbalas pantun 3.lomba mendongeng.

Acara perlombaan dilaksanakan di aula Dinas Pendidikan Kabupaten Tapanuli Selatan Senin (15/8-2022).

Demikian disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tapanuli Selatan Arman Pasaribu S. Sos, M.Si melalui Plt Kabid Pembinaan Sekolah Dasar Zulkarnain Harahap S. Pd MM usai acara perlombaan. 



Dijelaskannnya, " semua kegiatan lomba dalam berbahasa angkola,dimana dewan juri berasal dari Ketua Porkala kabupaten  tapanuli selatan dan rekan rekan dari Dinas Pendidikan Kabupaten Tapanuli Selatan.

Lebih lanjut disampaikannya, "  bahwa bahasa lebih dari sekadar sekumpulan kata, namun bahasa merupakan identitas sebuah bangsa,untuk melestarikan Bahasa Daerah Khususnya di kabupaten Tapanuli selatan yaitu Bahasa Angkola.

Adapun  pemenang lomba berbalas pantun  yaitu: Juara 1 (satu)  Setia Rahmadani dan Andre Taulani asal sekolah SD N 100301 Pargarutan.   

Juara II (dua)  Haikal Padli Sahbana dan Efan Lais dari SD N 101104 Basilam Baru

Juara III (Tiga)  Syafiq Ataulah Hutagalung dan Yasir Al Hasbi  dari SD N 100104 Sitinjak.

Untuk pemenang lomba tembang tradisi yaitu juara I (satu)   Sintia Rahmadani  dari SD N 100301 Pargarutan,  juara II (dua) Rio Rivaldo dari SD Swasta 100911 dan juara III (tiga)  Azkia Siregar dari SD N 1001201 Sipirok.

Untuk lomba mendongeng juara I (satu)  Diska Hairani Hasibuan dari SD N 100104 Sitinjak,  juara II (dua)  Mutia Tika Rahmadani dari SD N 100603 Sidadi II dan juara III (tiga)  Aulia Sarah Ritonga dari SD N 100905 Tarapung Raya.

Selain itu kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mengaktualisasikan visi misi Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan dibawah kepemimpinan Bapak H. Dolly Pasaribu STP MM yaitu masyarakat yang sehat, cerdas dan sejahtera," ujar Zulkarnain Harahap, S. Pd MM.


Kepala Dinas Pendikan Kabupaten Tapanuli Selatan Arman Pasaribu,  S. Sos, M. Si dan jajaran dunas Pendidikan Tapsel mengucapkan Selamat kepada siswa/i pemenang lomba.

Semoga kegiatan ini bermanfaat untuk anak anak  kita dalam melestarikan budaya Angkola, " ujarnya. 

Kami dari Seluruh Jajaran Dinas Pendidikan Kabupaten Tapanuli Selatan mengucapkan ribuan Terimakasih kepada bapak/ibu kepala sekolah,juri dab berbagai elemem masyarakat atas perannaya dalam mendorong siswa/i untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini. 


Dan terimakasih juga kami sampaikan kepada Bapak/ibu Guru Pendamping yang telah meluangkan waktunya untuk tetap setia menemani anak didik nya selama proses kegiatan berlangsung.

Dan untuk seluruh ananda hebat kami siswa/i yang mengikuti kegiatan ini kami ucapkan terimakasih banyak dan selamat atas segala prestasi yang telah dicapai, " ujarnya
(PS/BERMAWI)




Komentar Anda

Terkini: